Blog

Jasa Sekuriti


  1. Asal Mula Tenaga Sekuriti

Laporan yang ditulis Research And Development (RAND) suatu lembaga investigasi kriminal di Amerika Serikat mendefinisikan tenaga sekuriti adalah segala bentuk pengamanan dan kegiatan pencegahan pencurian/kehilangan, kejahatan lain, dan bahaya. Secara  khusus, tenaga sekuriti dapat diistilahkan sebagai polisi swasta atau personi keamanan atau juga sebagai pengamanan swasta. Petugas tenaga sekuriti secara  umum disiapkan oleh organisasi swasta dan individual yang menyediakan segala bentuk layanan jasa berkaitan dengan keamanaan, termasuk investigasi, pengawalan, patroli, deteksi kebohongan, alarm, konvoi kendaraan dengan pengawalan bersenjata.

  1. Peran Tenaga Sekuriti

Peranan menurut Getzels (1967) adalah peranan dapat didefinisikan dalam terminologi harapan peranan yang bersifat kebenaran normatif dan menetapkan batasan-batasan kewajiban apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan seseorang secara khusus di dalam suatu organisasi.Peranan merupakan suatu yang diharapkan dari seseorang atau organisasi atas status yang diterimanya.Status merupakan kedudukan yang diterima seseorang atau organisasi dari pemerintah atau dari masyarakat, komunitas atau organisasi yang lebih tinggi tingkatannya, dan memiliki implikasi untuk melakukan sesuatu sesuai dengan status yang diterimanya.

Peranan adalah aspek dinamis yang melekat pada posisi atau status seseorang di dalam suatu organisasi seperti yang dinyatakan oleh Lipham & Hoeh (1974).Karena peranan bersifat dinamis, maka ia berkembang terus sesuai dengan tuntutan kebutuhan organisasi.

Otoritas atau wewenang atas peranan yang diterima oleh tenaga sekuriti berasal dari otoritas yang legal dan legitimasi yang berasal dari masyarakat atau komunitas tertentu.Otoritas legal tenaga sekuriti mengacu pada kewenangan yang didasarkan atas aturan perundang-undangan yang beralaku pada suatu negara atau sistem nasional yang yang berjenjang sesuai dengan tingkatan sistem pemerintahannya.Sebagai contoh, tenaga sekuriti di Indonesia diatur dalam undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Peraturan Daerah.

  1. Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga Sekuriti

Adapun tugas pokok dan fungsi petugas tenaga sekuriti di Indonesia seperti yang sudah terdokumenkan dalam peraturan Kepala Kepolisian Negara RI Nomor 24 tahun 2007  tentang sistem Manajemen Pengawasan Organisasi Perusahaan dan atau Instansi /Lembaga Pemerintahan, bab III Tegana sekuriti bagian Kesatu tentang tugas Pokok,Fungsi,dan Peranan,pasal 6 yaitu sebagai berikut :

Tugas Pokok tenaga Sekuriti ( tenaga sekuriti ) adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban dilingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi, dan pengamanan tekhnis lainnya.Fungsi tenaga sekuriti adalah melindungi dan mengayomi lingungan atau tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan perarturan dan tata  tertib yang berlaku dilingkungan kerjanya.

Layanan tenaga sekuriti mencakup :        

  1. Jasa Layanan Pengawalan ( guard service )
  2. Layanan Patroli ( patrol service )
  3. Jasa Konsultasi ( consulting service )
  4. Layanan investigasi ( investigative service )
  5. Layanan respon dengan alarm ( alarm response service )
  6. Layanan jasa antar dengan kendaraan bersenjata ( armored delivery service)
  7. Layanan lainnya ( other service ) (Fisher & Green, 1998.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, tenaga sekuriti memiliki lima prinsip sebagai berikut:

  1. Kami anggota satuan pengamanan memegang teguh disiplin, patuh dan taat pada pimpinan, jujur, dan bertanggung jawab.
  2. Kami anggota satuan pengamanan senantiasa menjaga kehormatan diri dan menunjung tinggi kehormatan satuan pengamanan.
  3. Kami anggoota satuan pengamanan senantiasa waspada melaksanakan tugas sebagai pengaman dan penertib di lingkugan kerja.
  4. Kami anggota satuan pengamanan senentiasa bersikap open, tidak menganggap remeh sesuatu yang terjadi dilingkungan kerja.
  5. Kami anggota satuan pengamanan adalah petugas yang tangguh dan senantiasa brsikap etis dalam menegakkan peraturan.

 

 

 

 

 

On 2017-02-04 00:00:00 314
Copyrights © 2016. PT. Sri Daya Manusia & All Rights Reserved.