Blog

Manfaat Outsourcing


MANFAAT BAGI PEMERINTAH, PENGUSAHA, DAN PEKERJA

Manfaat bagi Pemerintah ;

  • Dapat membantu mengembangkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan ekonomi secara Nasional.
  • Pembinaan dan pengembangan kegiatan koperasi dan usaha kecil.
  • Mengurangi beban pemerintahan kota/ kabupaten dalam menyediakan fasilitas umum, seperti: transportasi, listrik, air dan pelaksanaan ketertiban umum.

Maanfaat bagi masyarakat dan pekerja :

  • Aktivitas industri di daerah akan mendorong kegiatan ekonomi penunjang di lingkungan masyarakat, seperti: adanya pasar, warung mkan, sarana transportasi, dan sebagainya.
  • Mengembangkan infrastruktur sosial masyarakat, budaya kerja, disiplin dan peningkatan kemampuan ekonomi.
  • Mengurangi pengangguran dan mencegah terjadinya urbanisasi.
  • Meningkatkan kemampuan dan budaya perusahaan di lingkungan masyarakat.

Manfaat bagi Industri :

  • Mengurangi beban keterbatasan lahan untuk pengembangan perusahaan di kawasan industri.
  • Meningkatkan fleksibilitas dalam pengambangan produk baru dan penyesuaian dengan perkembangan teknologi, sehingga perusahaan dapat berkonsentrasi untuk pengembangan produk baru  dan teknologi baru.
  • Produk yang sudah stabil dan menggunakan teknologi lama bisa dikembangkan di perusahaan mitra (outsourcing).
  • Meningkatkan daya saing perusahaan dengan efesiensi penggunaan fasilitas dan teknologi yang berkembang sangat cepat.

MAANFAAT STRATEGI OUTSOURCING

                Sementara itu, survey yang dilakukan oleh Outsourcing Institute pada tahun 1991 dengan 1.200 responden perusahaan di Amerika, menunjukan bahwa outsourcing dipilih karena dappat memberikan manfaat strategi sebagai berikut :

MENINGKATKAN FOKUS PERUSAHAAN PADA  BISNIS INTI

Ditengah pesaingan bisnis yang lebih trebuka dan lebih ketat, meng-outsource bebagai macam kebutuhan perusahaan sudah menjadi suatu hal yang mendesak untuk dipertimbangkan. Saat ini sudah banyak perusahaan yang cenderung melimpahkan beberapa kebutuhan perusahaan kepada pihak ketiga. Alasannya, kalau semua hal dikerjakkan sendiri oleh perusahaan, maka perhatian atau fokus dan energi perusahaan akan banyak tercurah kepada hal-hal yang bukan core business-nya.

MEMPERCEPAT PROSES ADAPTASI TERHADAP PERUBAHAAN BISNIS

                Dengan menggunakan outsourcing ternyata perusahaan dapat meingatkan kecepatannya dalam melakukan perubahan.Karena pihak eksternal yang direkrut adalah para ahli yang berkecimpung di bidang yang sama dan di industri yang sama, sehingga kecepatan untuk melakukan perubahan pun dapat tercapai melalui outsourcing.

 

MEMECAHKAN MASALAH YANG SULIT DIKENDALIKAN ATAU DIKELOLA

                Salah satu alasan bagi perusahaan untuk mengimplementasikan outsourcing adalah karena bisnis di perusahaannya sudah tidak lagi efisien lantaran rentang birokrasi yang sangat berbelit. Rentang birokrasi yang panjang tersebut tidak hanya membuat mekanisme kontrol menjadi sulit, tapi juga membuat pekerjaan menjadi tidak efektif. Dengan menggunakan jasa outsourcing, problem tersebut bisa diatasi.

SDM YANG ADA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK KEBUTUHAN YANG LEBIH STRATEGIS

                Di perusahaan yang segala sesuatunya sudah tertata dengan baik, termasuk jumlah dan pengadaan SDM-nya, Keputusan untuk melakukan rekrutmen baru biasanya tidak semudah yang dibayangkan. Di sisi lain, pemanfaatan tenaga kerja yang ada untuk menangani pekerjaan tambahan juga bisa menimbulkan masalah, misalnya, si pekrja tadi menjadi tidak fokus pada pekerjaan atau tugas pokoknya. Karena itu, untuk mengatasi masalah ini, sejumlah perusahaan memilih menggunakan jasa outsourcing, karena pola ini tidak mengganggu SDM yang sudah ada.

MEMUNGKINKAN PENGHEMATAN DANA KAPITAL

                Outsourcing juga dapat memberikan financial flexibility perusahaan. Misalnya, perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan riset di bidang indutrinya, dapat melakukan outsourcing tentang riset dan pengembangan yang akhirnya perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya. Biaya yang dengan term payment, tergantung dari hasil yang telah ditem ukan oleh penyedia outsourcing ini.

MENGEFESIENKAN DAN MENGENDALIKAN BIAYA OPERASIONAL

                Outsourcing juga diakui dapat mengurangi beban biaya operasional. Seperti, misal, suatu perusahaan yang meng-outsource bidang IT-nya, akan membuat pekerjaan mereka menjadi lebih efesien. Misalnya dalam hal pemesanan barang, jika sudah menerapkan IT dan menggunakan IT tersebut untuk memfasilitasi kkomunikasi anatara penyedia barang dengan yang membutuhkan barang, maka transaksinya pun menjadi lebih murah dan mudah.

MEMPEROLEH SDM YANG LEBIH PROFESIONAL SESUAI DENGAN BIDANGNYA

                Berdasarkan pengalaman, keuntungan lain yang didapatkan dari oursourcing adalah dapat menyediakan personel yang memiliki kompetensi diatas rata-rata dan juga kemampuan yang memenuhi kulifikasi sesuai dengan yang diharapkan perusahaan da memberika kontribusinya sesuai dengan strategi yang ada di dalam perushaan.Perusahaan outsourcing berpengalaman melakukan tugas-tugas secara berulang-ulang, dengan begitu merea akan lebih mudah mengetahui detail masalah yang sedang dihadapi.

 

On 2017-02-04 00:00:00 4615
Copyrights © 2016. PT. Sri Daya Manusia & All Rights Reserved.