Blog

OUTSOURCING: SECURE PARKING RATUSAN JUTA RUPIAH PER HARI


Perusahaan asal australia ini mengelola lebih dari 410.000 petak parkir dengan dukungan 10.000 karyawan di berbagai kota.

Sekilas bisnis parkir terlihat bukan usaha mentereng. Namun, siapa sangka di bisnis itu omzet ratusan juta rupiah bisa didapat hanya dalam hitungan hari. Memakai data BP Perparkiran DKI Jakarta (2006), pihak swasta sebagai pengelola ruang parkir terbanyak, mampu meraup pendapatan Rp 3,4 miliar per hari. Hitungan ini berdasarkan 283.072 lahan parkir yang dikuasai swasta dikalikan dengan tarif Rp 1.000 per jam. Sementara itu, per hari, setiap ruang parkir mampu menampung tiga mobil yang rata-rata berhenti empat jam. Padahal tarif parkir kini telah mencapai Rp 2.000 per jam.

Banyaknya pengelola gedung yang enggan mengurusi masalah parkir, membuat perusahaan pengelola jasa parkir tumbuh subur bak cendawan di musim hujan. Nama Sun Parking, Grand Parking, City Parking, dan Best Parking adalah sebagai contoh. Meski begitu, nama Secure Parking tetap saja mendominasi sebagai pengelola parkir di negeri ini.

Saat itu Secure Parking sudah memiliki 280 lokasi yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Batam, Pekanbaru, Manado, dan Jambi. Di negara asalnya sendiri, Australia, Secure Parking merupakan perusahaan penyedia jasa pelayanan pengelolaan perparkiran terbesar. Dengan dukungan 10.000 karyawan, Secure Parking saat ini mengelola lebih dari 410.000 petak parkir, mulai dari yang ada di pusat-pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, ruko, hingga rumah sakit.

Sejak November 2006, Secure Parking menjadi satu-satunya perusahaan pengelola jasa perparkiran yang telah meraih sertifikat ISO 9001:2000 (System and Services Certification) untuk Car Park Management Systems, yang penting untuk peningkatan kinerja perusahaan. Salah satunya, “Bisa meminimalisir komplain,” jelas Fitri, corporate communications PT. Securindo Packtama Indonesia.

Saat ini, sebagian lokasi Secure Parking, misalnya di EX Plaza, Plaza Indonesia, Senayan City, dan Sudirman Plaza, telah memakai teknologi Smart Parking System (SPS), yang memungkinkan setiap pos tidak lagi dijaga petugas. Pergantian ini bertujuan untuk mempercepat proses transaksi di pos parkir. Pengendara mobil cukup memencet tombol dan masuk ke area parkir. Just touch and go!

(Sumber: Moksa Hutasoit, Warta Ekonomi, 17 Maret 2008, halaman 56)

On 2017-02-20 00:00:00 2651
Copyrights © 2016. PT. Sri Daya Manusia & All Rights Reserved.