Blog

Outsourcing: Alfamart Tidak Mau Pusing


Effisiensi bukan satu-satunya alasan perusahaan menggunakan jasa alih daya. Sejumlah perusahaan mengaku ada manfaat lain yang lebih penting, yakni bisa lebih fokus ke bisnis inti.

Ada satu alasan utama PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) memilih menggunakan jasa alih daya untuk armada pengangkut barang-barang yang akan didistribusikan di seluruh gerai Alfamart: tak mau pusing.

Menurut Maria Harjono, deputy franchise development director PT. Sumber Alfaria Trijaya, adanya layanan itu membuat pusing yang didderita manajemen perusahaan berkurang. ”Kami tak pusing memikirkan persoalan kecil tetapi mengganjal, seperti pengemudi sakit atau mobil rusak,” tutur Maria.

Ketepatan armada tiba di gerai Alfamart, menurut Maria, sangat penting. Apalagi persaingan di bisnis ritel, khususnya minimarket, saat ini makin ketat. Sedikit saja terjadi keterlambatan pengiriman barang, ini menjadi peluang bagi para pesaing Alfamart. Pelanggan Alfamart bisa lari ke toko atau minimarket lainnya. “Dengan menggunakan jasa alih daya ini barang harus bisa diantarkan tepat pada waktunya ke gerai-gerai Alfamart di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Selain bisa memastikan ketepatan barang tiba dengan menggunakan jasa armada dari pihak ketiga, Alfamart bisa lebih menekan investasi untuk penggadaan mobil.

Maklum, Alfamart saat ini sudah memiliki 2.000 gerai di seluruh Indonesia. “ Kalau kami melakukan pengadaan armada sendiri, pasti investasinya besar sekali,“ ucap Maria. Letak gerai Alfamart juga tidak selalu berada di dekat jalan besar, tetapi ada juga yang mesti masuk ke jalan-jalan yang sempit. “Jadi, kendaraan yang dibutuhkan untuk setiap lokasi perlu disesuaikan, tergantung letak dan lokasinya,” imbuh dia.

(Sumber: Warta Ekonomi, 17 Maret 2008, hal 44)

On 2017-02-16 00:00:00 793
Copyrights © 2016. PT. Sri Daya Manusia & All Rights Reserved.