Blog

Pengertian Outsourcing


Dalam pengertian umum, istilah outsourcing atau alih daya diartikan sebagai contract (work)out. Menurut definisi Maurice Greaver, outsourcing dipandang sebagai tindakan mengalihkan beberapa aktivitas perusahaan dan hak pengambilan keputusan kepada pihak lain ( outside provider), dimana tindakan ini terkait dalam suatu kontrak kerjasama.

Dapat juga dikatakan outsourcing sebagai penyerahan kegiatan baik sebagian ataupun secara menyeluruh kepada pihak lain yang tertuang dalam kontrak perjanjian. Penyerahan kegiatan ini dapat meliputi bagian produksi, beserta tenaga kerjanya, fasilitas, peralatan, tekhnologi dan aset lain serta pengambilan keputusan dalam kegiatan perusahaan. Penyerahan kegiatan ini kepada pihak lain merupakan hasil dari keputusan internal perusahaan yang bertujuan meningkatkan kinerja agar dapat terus kompetitif dalam menghadapi perkembangan ekonomi dan tekhnologi global.

Sering kali outsourcing di samakan dengan jasa penyalur tenaga kerja. Sebenarnya outsourcing adalah pemindahan fungsi pengawasan dan pengelolaan suatu proses bisnis kepada perusahaan penyedia jasa. Ada tiga unsur penting dalam outsourcing, yaitu :

  1. Pemindah fungsi pengawasan,
  2. Pendelegasian tanggung jawab atau tugas suatu perusahaan,
  3. Menitikberatkan pada hasil atau output yang ingin dicapai oleh perusahaan.

On 2017-02-04 00:00:00 1028
Copyrights © 2016. PT. Sri Daya Manusia & All Rights Reserved.